Pemilih Pemula Tidak Boleh Golput

Bookmark and Share

MEGAMENDUNG - Menjelang Pemilihan Gubernur Jawa Barat, Februari 2013 mendatang, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor berikan penyuluhan kepada sejumlah pelajar di Hotel Purnama Dua, Megamendung (6/11). Sejumlah pelajar yang diberikan penyuluhan adalah duta sekolahnya masing-masing untuk mengemban misi meningkatkan partisipasi politik dalam pemilu kepada teman-teman pelajar lainnya.
Menurut Kepala Kantor Kesbangpol, Wawan Setiawan,  saya harap setelah pulang dari penyuluhan ini, adik-adik bias kembali ke sekolahnya masing-masing dan mengajak kawannya untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub mendatang. Tidak hanya itu, sebagai duta sekolah yang ketika kembali ke sekolah harus mengajak teman-temannya untuk berperilaku positif.
“Mereka adalah pemilih pemula yang tentunya perlu diberikan sosialisasi mengenai pemilu, kita sangat berharap nantinya mereka tidak bersilkap golput atau tidak menggunakan suaranya. Kita adakan sosialisasi ini untuk sekitar 1000 pelajar se-Kabupaten Bogor secara bertahap.  Kesadaran politik ini harus dibangun sejak dini, karena bagaimanapun mereka adalah bagian dari penentu pembangunan bangsa ini, khusunya melalui pemilu”, terang Wawan.
Wawan menambahkan,  Kesbangpol pun punya misi untuk merubah perilaku pelajar yang tidak baik menjadi baik, baik di sekolah, di rumah, maupun tempat bergaul.  Ancaman degradasi moral sedang melanda kalangan pemuda dan pelajar, seperti aksi tawuran, dan perilaku inmoral lainnya. Olehkarenanya mereka yang hadir disini pun diharapkan dapat mengajak teman-temannya untuk berperilaku positif.
Salahsatu peserta, Yuni sara asal SMK Mutiara Hati Cibinong, mengaku dirinya baru mengetahui aka nada Pilgub di bulan Februari mendatang, menurutnya ia akan menggunakan hak pilihnya walaupun sampai saat ini belum tahu siapa calon gubernurnya.
“Bagi saya yang penting calon Gubernur harus yang baik dan bias membela rakyatnya, jangan Cuma janji-janji saja saat kampanye. Setelah penyuluhan ini saya juga akan mengajak teman-teman saya untuk menggunakan suaranya pada pemilu nanti, jadi diusahakan jangan sampai mereka golput”, papar Yuni. 
Kegiatan penyuluhan ini diselenggarakan selama dua hari, peserta yang ikut berjumlah 40 orang. Pelajar ini akan diberikan penyuluhan dari KPU dan Panwaslu untuk menghadapi Pemilihan Gubernur dan Bupati di tahun 2013, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden di tahun 2014.(Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)  

{ 0 التعليقات... Views All / Send Comment! }

إرسال تعليق